Aplikasi Fisika (Termodinamika) pada Peristiwa Alam

Ketika Mempelajari Perpindahan Kalor secara Konveksi, Anda Mengetahui Bahwa Udara Hangat Naik ke Atas, tetapi Mengapa Udara di Pegunungan Dingin ?

Transformasi adiabatik dapat menjelaskan variasi suhu atmosfer terhadap ketinggian. Udara diangkut dari tempat tinggi ke tempat rendah atau sebaliknya oleh arus-arus angin besar. Udara adalah isolator kalor yang cukup baik, sehingga pengangkutan udara di antara tempat-tempat dengan ketinggian berbeda ini dapat didekati oleh proses adiabatik. Ketika udara naik, tekanan udara berkurang sehingga mengalami pemuaian adiabatik (ingat : pVg  = C , Vg = C/P

Karena p turun, maka V haruslah meningkat atau memuai). Suhu udara karena itu berkurang dan udara di pegunungan menjadi dingin. Sebaliknya ketika udara diangkut ke tempat yang lebih rendah, tekanan udara meningkat, udara mengalami pemampatan adiabatik, dan suhunya meningkaT. Sehingga jika V meningkat, suhu T turun, sebaliknya jika V berkurang suhu T meningkat.



Gambar : Angin kering panas chinook terjadi ketika udara pada ketinggian menuruni lereng dan dipanaskan secara adiabatik.


0 komentar:

Posting Komentar